AISINDO & Oracle Academy Gelar Training Programming GRATIS

java_Oracle_aisindo_trainingDalam rangka peningkatan kemampuan programming guru dan dosen di seluruh Indonesia, Association for Information Systems Indonesia (AISINDO) bekerja-sama dengan Oracle Academy secara rutin menggelar Training Gratis untuk Guru SMK dan Dosen Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah pelatihan Java Fundamentals yang telah diadakan selama lima hari sejak Senin (24/11) mengundang guru dan dosen yang ada disekitar Surabaya.

“Pelatihan ini mengacu pada kurikulum oracle akademik,” terang Anisah Herdianti S Kom M Sc. Menurut perempuan yang akran disapa anisah ini acara bertajuk Cara Mudah Belajar Dasar-dasar Pemrograman Java tersebutsebenarnya dilaksanakan secara berkala. Ia pun menerangkan bahwa pelatihan ini diadakan lagi di bulan Januari.

Target dari pelatihan ini sendiri menurutnya sudah jelas yakni SMK yang memang memiliki pelajaran programming. “Dari SMK ini sendiri dipilih guru-guru yang tergabung kedalam jurusan Rekaya Perangkat Lunak dan juga Teknik Komputer dan Jaringan,” jelasnya. Selanjutnya untuk tingkat institusi biasanya mengundang perguruan yang punya teknik informatika, sistem informasi dan juga yang berhubungan dengan ilmu tersebut.

Perempuan yang juga merupakan event leader dari AISINDO itu menerangkan bahwa peserta yang ikut acara ini adalah guru dan dosen. “Setelah selesai mengikuti pelatihan ini ditargetkan bisa menerapkan cara mudah belajar lewat java untuk didikannya,” terang Anisah.

Ia melanjutkan bahwasanya yang memberikan pelatihan sendiri bukan orang sembarangan. Pasalnya, pengajarnya dilatih terlebih dahulu oleh pihak Oracle pusat, kemudian baru disetujui sebagai pelatih. ia menambahkan bahwa para pengajar di pelatihan tersebut memang benar-benar sudah disiapkan oleh Oracle. Dan juga  para pelatih ini sendiri memang sudah terdaftar sebagai trainer dari Oracle.

Sebelum mengadakan pelatihan Java Fundamentals, AISINDO juga telah melaksankan pelatihan intensif selama dua hari yakni cara mudah dan menyenangkan belajar pemrograman dengan greenfoot. “Acara tersebut juga merupakan bagian dari kegiatan gabungan JSI ITS, AISINDO, dan Oracle,” terangnya. Bedanya, untuk pelatihan yang berlangsung singkat itu tidak ada ujian online di hari terakhir pelatihan.

Pelatihan yang menggunakan aplikasi greenfoot ini lebih menitikberatkan pada pembuatan permainan. “Game yang dibuat lewat greenfoot lebih mengarah ke edukasi atau¬† game yang berkaitan dengan wisata,” ucapnya. Bahkan menurutnya ada beberapa permainan itu sudah diunggah ke playstore.

Dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan bisa membumikan programming. “Dalam hal ini kami mengenalkan bahwa programming is fun,” imbuh dosen JSI itu. Karena itulah pelatihan ini di buat menarik agar nantinya orang-orang yang mengikuti pelatihan bisa menjiwai. Jika fase menjiwai telah dilalui maka lama kelamaan akan mulai mendalami ilmu programming yang konon katanya cukup sulit itu.

Kebanyakan peserta yang ikut berasal dari Purwokerto, Gresik, Trunojoyo dan yang dari Surabaya. Peserta yang ikut pemrograman java berjumlah 19 orang, sedang untuk kelas yang mempelajari greenfoot ada sekitar 23 peserta. “Mereka yang ikut pelatihan ini merupakan dosen atau guru yang memang diwakili oleh sekolah masing-masing dan para peserta pun daftar langsung lewat Oracle,” pungaksanya. (hil/sha)

Sumber: http://old.its.ac.id/berita.php?nomer=14458