Berbagi pengalaman e-Government dalam “IS Coffee Forum” AISINDO

Surabaya, Jumat 9 Desember 2016 – AISINDO (Asosiasi Sistem Informasi Chapter Indonesia) kembali mengadakan acara terkait dengan e-government, yaitu “IS Coffee Forum”. Bertempat di Gedung Robotika ITS, acara ini diselenggarakan sebagai upaya untuk meningkatkan wawasan dan sharing mengenai bagaimana halangan atau kesulitan yang dihadapi dalam implementasi e-government. Dalam acara ini AISINDO mengundang 3 pembicara yang sangat menarik dan profesional dalam bidang e-government diantaranya Agus Imam Sonhaji, M.T selaku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Pemerintah Kota (BAPEKKO) Surabaya, Daniel Harry Prasetyo, Ph.D (e –Government System Analyst and Developer) dan Tony Dwi Susanto, Ph.D.,ITIL.,COBIT (peneliti dan Konsultan Tata Kelola dan Adopsi e-Government sekaligus CIO & Struktur DINKOMINFO).

Dengan mengusung tema terkait e-Government, peserta berasal dari Anggota AIS-Indonesia Chapter (AISINDO), Anggota INDO-eGov Forum, Praktisi dan Peneliti e-Government, Praktisi dan Peneliti  Sistem Informasi, Pemda dan Organisasi Pemerintah sekaligus StartUp dan Perusahaan Solusi IT. Peserta sangat aktif dan antusias terlihat dari banyaknya pertanyaan dan diskusi dari peserta kepada pembicara.

is coffee forum

Presiden AIS Indonesia Chapter saat membuka acara IS Coffee Forum

Tepat pukul 13.30 acara dibuka langsung oleh Presiden AIS Indonesia Chapter, Bapak Tony dan dilanjutkan oleh pembicara pertama yaitu Agus Imam Sonhaji dan Daniel Harry Prasetyo . Bapak Daniel dan Bapak Agus membicarakan mengenai bagaimana pengembangan e-government di Surabaya mulai dari awal sampai sekarang. Selain itu beliau juga membicarakan mengenai suka duka dalam mengembangkan e-government di Surabaya. Sesi ini berlangsung cukup ramai Karena banyak peserta yang membandingkan pengalaman mereka dalam membangun e-government dengan pengalaman pembicara selain itu cukup banyak peserta yang menanyakan saran dan kiat tentang bagaiamana mengatasi permasalahan-permasalahan yang mereka hadapi.

Kemudian Pada Sesi Kedua diisi oleh Tony Dwi Susanto, Ph.D.,ITIL.,COBIT yang membicarakan mengenai bagaiamana membangun e-government berdasarkan peraturan pemerintah terbaru yang disuplemen dengan penggunaan COBIT. Pembicara menegaskan bahwa untuk membangun e-government yang baik sebaiknya didasarkan dari peraturan pemerintah yang ada dan tidak hanya dapat dibangun dari satu peraturan saja namun harus dilihat dari berbagai peraturan pendukung lain. Kemudian dari peraturan-peraturan tersebut dapat disupplemen dengan penggunaan COBIT untuk membangun e-government yang diinginkan. (HWN/FJK)