FORUM PIMPINAN PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI SE-INDONESIA MULAI MENGEMBANGKAN POSITIONING PENDIDIKAN SISTEM INFORMASI DI INDONESIA

A. LATAR BELAKANG PERTEMUAN: Positioning SI yang Belum Jelas di Indonesia

FotobersamakecilFile dapat diunduh di Repository Referensi SI: http://intip.in/referenSI/
Disiplin ilmu Sistem Informasi adalah satu dari empat disiplin ilmu dari rumpun ilmu Computing yang telah berkembang sejak 1950-an, yakni: Teknik Elektro, Ilmu Komputer, dan Sistem Informasi. Namun faktanya hingga saat ini masyarakat dan dunia kerja di Indonesia masih sulit membedakan antara disiplin ilmu Sistem Informasi dengan  disiplin-disiplin rumpun ilmu Computing lain akademik dan profesi seperti IEEE, ACM, dan AIS telah secara berkala menerbitkan pa nya, yang baru berkembang di tahun 1970-an hingga 1990-an yakni disiplin ilmu Sistem Komputer (Teknik Komputer), Rekayasa Perangkat Lunak, dan Teknologi Informasi.

Nama-nama program studi (prodi) di perguruan tinggi di Indonesiapun selanjutnya mengambil nama sesuai disiplin ilmu yang diajarkannya, seperti program studi Teknik Elektro, program studi Ilmu Komputer, dan program studi Teknologi Informasi. Prodi Informatika umumnya mengajarkan disiplin ilmu Rekayasa Perangkat Lunak sekaligus Teknologi Informasi, bahkan terdapat prodi Informatika yang mengajarkan disiplin Ilmu Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak, sekaligus Teknologi Informasi.

Meski asosiasi-asosiasi akademik seperti AIS, ACM, dan IEEE telah secara periodik menerbitkan panduan kurikulum untuk masing-masing program studi rumpun ilmu Computing, namun fakta di hampir semua perguruan tinggi di Indonesia masih menunjukkan ketidakjelasan sekaligus ketidaktegasan perbedaan antar kurikulum pendidikan di prodi  Sistem Informasi, prodi Informatika, prodi Ilmu Komputer, maupun prodi Teknologi Informasi. Banyak asesor-asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang menemukan keempat prodi tersebut memiliki kurikulum yang relatif sama.

Ketidakjelasan dan ketidaktegasan perbedaan antar kurikulum prodi Sistem Informasi, Informatika, Ilmu Komputer, dan Teknologi Informasi ini bukan hanya menyebabkan kebingungan masyarakat dalam memilih bidang studi, namun juga menimbulkan persepsi salah di dunia kerja, yakni bahwa alumni prodi Sistem Informasi memiliki kompetensi yang persis sama dengan alumni Informatika, Ilmu Komputer, dan Teknologi Informasi. Konsekuensi lainnya, ketidaktegasan perbedaan kurikulum ini juga menyebabkan banyak pengelola prodi Sistem Informasi tidak berani membuat perbedaan dalam topik-topik penelitian dosen maupun mahasiswa. Banyak prodi Sistem Informasi yang masih mengharuskan Tugas Akhir mahasiswa berupa aplikasi komputer, sama dengan prodi Informatika, Ilmu Komputer, dan Teknologi Informasi.

Dunia kerja, BAN-PT, dan DIKTI (SN-DIKTI 2014) menghendaki forum prodi sejenis, dalam hal ini Forum Pimpinan Prodi Sistem Informasi, untuk menyepakati kekhasan sekaligus perbedaan kurikulum dan kompetensi lulusan prodi Sistem Informasi terhadap prodi-prodi lainnya. Bahkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) juga menanyakan okupasi-okupasi apa saja yang dapat diklaim sebagai okupasi domain prodi Sistem Informasi sehingga dapat ditetapkan sertifikasi nasionalnya.

 

B. TUJUAN DAN AGENDA PERTEMUAN

Menjawab permasalahan sekaligus permintaan dari dunia kerja, masyarakat dan pemerintah di atas, pada tanggal 2 Juli 2016, sebanyak 150 pimpinan dari 95 program studi Sistem Informasi di Indonesia dibawah Forum Pimpinan Program Studi Sistem Informasi se-Indonesia bekerja-sama dengan Association for Information Systems – Indonesia chapter (AISINDO) dan Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) berkumpul di kampus Universitas Pelita Harapan (UPH), Tangerang, dalam rangka mencapai 4 tujuan:

  1. Menjalin silaturahmi saling mengenal antar pimpinan prodi SI dan membangun sumber-daya prodi-prodi SI seluruh Indonesia.
  2. Menyepakati:
  3. Karakter dan ruang lingkup disiplin ilmu “Sistem Informasi”.
  4. Peran – peran (termasuk okupasi) domain dominan lulusan Prodi Sistem Informasi.
  5. Program bersama antar prodi SI seluruh Indonesia untuk mengumpulkan data “Pengetahuan” dan “Ketrampilan” masing-masing peran domain dominan hasil pendidikan prodi SI langsung dari praktisi dunia usaha, industri, dan pemerintah.

Pertemuan perdana Forum Pimpinan Prodi SI se-Indonesia ini terdiri dari 4 agenda utama:

  1. Penandatanganan MOU antara AISINDO dengan APTIKOM dalam hal kerja-sama pengembangan Sistem Informasi sebagai pendidikan, penelitian, dan profesi.
  2. Sesi diskusi dan kesepakatan karakteristik dan ruang-lingkup disiplin ilmu Sistem Informasi.
  3. Sesi diskusi dan kesepakatan peran-peran (termasuk okupasi) domain dominan lulusan prodi Sistem Informasi.
  4. Sesi diskusi dan penandatanganan Gentle-Agreement Program Bersama pengumpulan data “Pengetahuan” dan “Ketrampilan” masing-masing peran domain dominan alumni prodi SI langsung dari praktisi dunia usaha, industri, dan pemerintah selama 5 bulan mendatang (Juli hingga Nov 2018), dapat dalam bentuk: kuliah tamu, kunjungan ke industri, survey alumni, atau survey industri sesuai bidang yang disepakati di poin 3.

 

C. REFERENSI DISKUSI, METODE PENGAMBILAN KESEPAKATAN, DAN SIFAT DOKUMEN KESEPAKATAN

Guna memastikan produktifitas pertemuan, validitas pendapat-pendapat yang disampaikan selama proses diskusi dan hasil kesepakatan maka dilakukan pendekatan-pendekatan sebelum dan saat pertemuan.

Di tahapan sebelum pertemuan (pre-meeting), dilakukan kegiatan-kegiatan:

  • Sosialisasi file-file referensi ilmiah kajian Sistem Informasi sebagai pendidikan, bidang penelitian, dan profesi, yang dapat diakses di: https://in/referenSI
  • Penyebaran ke dan pengisian questionnaire online oleh calon peserta pertemuan tentang hal-hal yang akan dibahas dalam pertemuan sehingga calon peserta benar-benar memahami agenda pertemuan, permasalahan yang ada, mempersiapkan pendapatnya, sekaligus panitia pelaksana dapat menjaring pendapat calon peserta pertemuan seawal mungkin, dapat diakses di: https://in/PositioningSI

Selanjutnya, saat pertemuan berlangsung diterapkan:

  • Kewajiban menyampaikan pendapat berdasarkan referensi ilmiah (bukan hanya sekedar persepsi pribadi atau pengalaman);
  • Keputusan kesepakatan dilakukan dengan metode pengambilan suara (voting) setelah semua peserta diberikan kesempatan menyampaikan argumentasi dan persuasinya, dengan 1 prodi SI yang hadir memiliki 1 hak suara, AISINDO 1 hak suara, dan APTIKOM 1 hak suara;
  • Keputusan sesi sebelumnya menjadi landasan sekaligus batasan keputusan sesi berikutnya: keputusan sesi “Karakteristik dan Ruang lingkup disiplin ilmu Sistem Informasi” menjadi landasan bagi keputusan sesi “Penentuan peran-peran lulusan prodi Sistem Informasi”, dan keputusan program bersama survey Pengetahuan dan Ketrampilan Peran domain dominan hasil pendidikan prodi SI mencakup profil-profil yang disepakati di sesi Peran hasil pendidikan prodi SI.

Pertemuan juga menyepakati bahwa:

  • Kegiatan pengembangan positioning Sistem Informasi sebagai program pendidikan, penelitian, dan profesi ini akan dilakukan secara rutin dan berkelanjutan setiap tahun sehingga dokumen kesepakatan yang dihasilkan bersifat “Living Document” yakni harus dan akan direview dan dimutakhirkan secara periodik mengikuti perkembangan dan hasil kajian terkini. Sebagai contoh: dokumen kasih kesepakatan tahun 2018 akan diberi nama “PositioningSI.2018”, apabila tahun depan akan direview dan dimutakhirkan dapat diberi nama dokumen “PositioningSI.2019”.
  • Analisis keputusan Pengetahuan dan Ketrampilan untuk profil-profil peran lulusan SI didasarkan atas data-data yang dikumpulkan langsung dari praktisi/profesional perusahaan, dunia usaha, dan pemerintah (tidak menggunakan metode drafter atau task force dari kalangan akademisi).

 

D. HASIL KESEPAKATAN

Terdapat 3 hasil kesepakatan utama, yakni deskripsi disiplin ilmu Sistem Informasi, peran-peran lulusan prodi Sistem Informasi, dan bentuk program bersama survey pengetahuan dan ketrampilan peran domain dominan lulusan prodi Sistem Informasi.

D.1. Deskripsi Disiplin Ilmu Sistem Informasi

Sesuai agenda pertemuan, di sesi pertama pertemuan Forum Pimpinan Prodi Sistem Informasi mendiskusikan dan menyepakati item-item deskripsi disiplin ilmu Sistem Informasi yang mampu menjelaskan karakteristik sekaligus ruang lingkup ilmu Sistem Informasi berdasarkan berbagai kajian akademik Sistem Informasi, sebagai berikut (*poin-poin deskripsi disiplin ilmu Sistem Informasi ini masih terbuka untuk ditambahkan di update dokumen PositioningSI berikutnya):

  1. Disiplin Ilmu Sistem Informasi adalah disiplin ilmu yang mempelajari berbagai aspek saat TEKNOLOGI INFORMASI bertemu dan berinteraksi dengan SISTEM SOSIAL (organisasi, perusahaan, masyarakat).
  2. Disiplin Ilmu Sistem Informasi adalah disiplin ilmu yang mempelajari TEKNOLOGI INFORMASI, MANUSIA, dan ORGANISASI (proses, struktur, fungsi, dan lain-lain).
  3. Disiplin ilmu Sistem Informasi (SI) adalah disiplin ilmu yang mengkaji bagaimana mengumpulkan data, memproses data hingga menghasilkan informasi, dan menyampaikan informasi.
  4. Disiplin Ilmu Sistem Informasi bersifat MULTI DISIPLIN yakni mempelajari, mengadopsi, dan mengolaborasikan berbagai teori, konsep, dan metode dari disiplin ilmu-ilmu lain, seperti Ilmu Komputer, Software Engineering, Psikologi, Ilmu Sosial, Manajemen, Statistika, dan lainnya.
  5. Meski disiplin ilmu Sistem Informasi bersifat Multi Disiplin dan mempelajari interaksi antara Teknologi Informasi dengan Sistem Sosial, namun yang menjadi kekhasan pengajaran dan penelitian Sistem Informasi adalah bahwa obyek utama yang menjadi pusat perhatian (Center of Attention) adalah Teknologi Informasi (bukan sistem sosialnya) dan bagaimana sukses menyelesaikan permasalahan sistem sosial tersebut dengan Teknologi Informasi.
  6. Disiplin ilmu Sistem Informasi adalah disiplin ilmu ‘Hilir’ (Applied Discipline) yakni mempelajari bagaimana Teknologi Informasi diimplementasikan untuk menyelesaikan permasalahan nyata di organisasi maupun masyarakat dengan sukses.
  7. Disiplin ilmu Sistem Informasi mempelajari berbagai aspek mencakup PERENCANAAN Sistem Informasi, PERANCANGAN Sistem Informasi, PEMBANGUNAN Sistem Informasi, OPERASIONAL Sistem Informasi, EVALUASI/Audit Sistem Informasi, Faktor-Faktor yang menyebabkan sebuah SI/TI dapat diterima target penggunanya (ADOPTION/DIFFUSION), Bagaimana sebuah SI/TI digunakan target penggunanya (DOMESTICATION), dan Bagaimana Pengaruh/Dampak penggunaan sebuah SI/TI (IMPACTS atau POST ADOPTION STAGE).
  8. Disiplin ilmu Sistem Informasi mempelajari aktivitas-aktivitas organisasi pada level STRATEGIS, MANAJERIAL, sekaligus OPERASIONAL dalam Mengumpulkan, Memproses, Menyimpan, Mendistribusikan, dan Menggunakan INFORMASI dan Teknologi yang terkait.
  9. Posisi Disiplin Ilmu Sistem Informasi berada ditengah-tengah antara disiplin-disiplin ilmu murni ‘Pembuat TEORI’ (Seperti Matematika, Ilmu Komputer), disiplin ilmu ‘Pembuat TEKNOLOGI’ (seperti Teknik Elektro, Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Komputer), dengan disiplin ilmu ‘PENGGUNA Teknologi’ (seperti Manajemen, Bisnis, Marketing, Kedokteran). Disiplin Ilmu Sistem Informasi adalah ‘PENDAYA-GUNA Teknologi’, mencakup mengidentifikasikan masalah yang ada, mengidentifikasi teknologi yang telah dibuat oleh disiplin ilmu ‘Pembuat Teknologi’, merumuskan dan mengimplementasikan Solusi-Solusi berbasis Teknologi Informasi (termasuk merancang Proses Bisnisnya, merancang Struktur Organisasi, SOP, staffing, membangun aplikasi, dan sistem evaluasinya).
  10. Perbedaan disiplin ilmu Sistem Informasi (SI) dengan disiplin ilmu Teknologi Informasi (TI) adalah bahwa SI berorientasi INFORMASI sedangkan TI lebih pada pemanfaatan TEKNOLOGI Informasi.
  11. Produk PENELITIAN disiplin ilmu Sistem Informasi Tidak Hanya berupa prototype Aplikasi, namun dapat berupa Aplikasi, Model, Metode, Kerangka Kerja, Perangkat Manajemen TI, maupun Dokumen/Laporan hasil kajian“.
  12. Pendidikan Sistem Informasi menghasilkan Lulusan yang mampu menjadi ‘PENGHUBUNG’ antara orang Bisnis (Non-Technical) dengan orang TEKNOLOGI INFORMASI (Technical). Ia memahami konsep, metode, dan solusi Bisnis dan Organisasi sekaligus memahami konsep, metode, & solusi Teknologi Informasi.
  13. Aspek Budaya dan Manajemen Bisnis masuk dalam lingkup bahasan Sistem Informasi.
  14. Metode penelitian Sistem Informasi: selain prototype, juga kuantitatif dan kualitatif.
  15. Disiplin ilmu Sistem Informasi mengkaji kompetensi pemrograman (coding) yang yang berorientasi pada efisiensi dan efektifitas solusi bisnis (bukan sekedar kebenaran metode berdasar teori), sehingga pemrograman di dalam disiplin ilmu SI mempertimbangkan (dan tidak dapat dilepaskan dari) lyer-lyer arsitektur sistem di atasnya seperti informasi dan proses-proses bisnisnya.

D.2. Peran-Peran Domain Dominan Lulusan Prodi Sistem Informasi

Dalam sesi kedua, forum menyepakati perlunya memperluas dan mengganti istilah “OKUPASI” dengan istilah “PERAN” dengan pertimbangan bahwa Okupasi atau Profesi atau Jabatan memiliki ruang-lingkup yang terbatas pada konteks waktu tertentu, organisasi/perusahaan tertentu, atau negara tertentu. Sangat dimungkinkan seorang lulusan prodi SI tidak memiliki jabatan atau profesi sesuai okupasi tersebut namun sebenarnya telah melaksanakan peran okupasi tersebut. Beberapa referensi utama dalam penentuan peran ini mencakup: Buku Okupasi TIK Kominfo 2018, Dokumen IS2010 – AIS, Buku ICA11-Australian Government, Buku Internet & IT Position Descriptions Handiguide, dan Buku SFIA5.

Di pertemuan perdana Forum Pimpinan Prodi Sistem Informasi ini menyepakati peran-peran lulusan prodi Sistem Informasi yang dikategorikan dalam 2 level kelompok peran:

  1. Peran-peran Domain Paling Dominan SI (IS Primary Domain roles) lulusan prodi SI, adalah peran-peran yang dianalisis, diklaim, dan disepakati Forum Prodi SI merupakan peran-peran yang membutuhkan kompetensi yang paling dominan hasil pendidikan prodi SI atau irisan kompetensi disiplin ilmu SI dengan disiplin ilmu-ilmu lain paling sedikit;
  2. Peran-peran Domain SI (IS Domain roles) lulusan prodi SI, adalah peran-peran yang dianalisis, diklaim, dan disepakati Forum Prodi SI merupakan peran-peran yang membutuhkan kompetensi dominan hasil pendidikan prodi SI namun masih terdapat irisan relatif besar dengan kompetensi disiplin ilmu-ilmu lain.

Peran-peran Domain Paling Dominan SI (IS Primary Domain roles) lulusan prodi SI hasil kesepakatan Forum Pimpian Prodi SI tahun 2018 mencakup 5 peran, yakni (*peran-peran domain dominan lulusan prodi SI ini masih terbuka untuk di update berdasarkan data aktual terkini di dokumen PositioningSI berikutnya):

PD1. System Analyst

PD2. Business Analyst 

PD3. Auditor Sistem Informasi

PD4. Manajer Proyek Sistem Informasi

PD5. ERP Analyst

Sementara itu, peran-peran Domain SI (IS Domain roles) lulusan prodi SI hasil kesepakatan Forum Pimpian Prodi SI tahun 2018 mencakup 12 peran, yakni (*peran-peran domain dominan lulusan prodi SI ini masih terbuka untuk di update berdasarkan data aktual terkini di dokumen PositioningSI berikutnya):

DSI1. Data Analyst

DSI2. Data Architect

DSI3. IT Planning Analyst

DSI4. Enterprise Architect

DSI5. Enterprise Application (focus on Datawarehouse)

DSI6. Service Desk Analyst/Manager

DSI7. Konsultan Sistem Informasi

DSI8. Enterpreneur Bisnis Berbasis TI

DSI9. Chief Information Officer (CIO)

DSI10. Asisten Peneliti Sistem Informasi

DSI11. Competitive Intelligence Analyst

DSI12. UI/UX Designer

 

D.3. Program Bersama Survey Pengetahuan dan Ketrampilan Domain Lulusan Prodi SI

Dalam sesi ketiga forum menyepakati kerja-sama pengumpulan data-data Pengetahuan dan Ketrampilan dari masing-masing peran: System Analyst, Business Analyst, Auditor Sistem Informasi, Manajer Proyek SI, dan ERP Analyst.

Terdapat 68 prodi SI yang bersedia menandatangani dokumen Gentle Agreement untuk melaksanakan program bersama survey kompetensi 5 peran domain paling dominan SI dalam bentuk (minimal salah satu aktivitas):

  • Kuliah tamu menghadirkan profesional praktisi industri sesuai okupasi domain Sistem Informasi.
  • Kunjungan ke Industri sesuai okupasi domain Sistem Informasi.
  • Survey ke Industri sesuai okupasi domain Sistem Informasi.
  • Survey alumni yang memiliki okupasi domain Sistem Informasi.

Format pengumpulan data yang dikumpulkan untuk setiap responden praktisi/profesional dunia industri dan pemerintah dibuat seperti disajikan di halaman berikut.

Selanjutnya setiap prodi SI berkomintmen mengirimkan data-data Pengetahuan dan Ketrampilan yang telah mereka kumpulkan via email ke service@aisindo.org pada tanggal 30 September 2018 untuk dianalisis dan didiskusikan melalui metode Focus Group Discussion Prodi-Prodi SI di Munas APTIKOM Oktober 2018 dan paling lambat 30 November 2018 untuk di konfirmasi dan divalidasi melalui Focus Group Discussion dengan industri dan asosiasi-asosiasi profesi serta diputuskan di Annual Meeting AISINDO Desember 2018.

 

FORMAT PENGUMPULAN DATA FEEDBACK PRAKTISI/PROFESIONAL DUNIA USAHA, INDUSTRI & PEMERINTAHAN

Peran/Okupasi                    : ………………………………

Nama Nara Sumber                 : ……………………..

Nama Perusahaan                   : ……………………….

Skala Perusahaan (Kecil-Menengah/Besar): ……………………….

Jenis Industri Perusahaan        : ……………………….

Jabatan Nara Sumber              : ……………………….

Metode Pengumpulan Data   : ……………………….

PENGETAHUAN (Cognitive) KETRAMPILAN (Motorik)
Item-item Pengetahuan (Keluasan) Kedalaman Penguasaan Item-item Ketrampilan
(Keluasan)
Penguasaan
         
         

 

Keterangan pengisian:

Item-item:    diisi item-item pengetahuan atau ketrampilan

Kedalaman:   Nilai “1”: item pengetahuan membutuhkan sekedar pengetahuan dasar-dasar atau konsep-konsep umum;

Nilai “2”: item pengetahuan membutuhkan pengetahuan mendalam.

Penguasaan Pengetahuan:

Nilai1”: Remembering (Mengingat);

Nilai2”:: Understanding (Mampu menjelaskan);

Nilai3”: Applying (Mampu menerapkan konsep dalam kasus tertentu);

Nilai4”: Analysing (Mampu membandingkan, kesamaan, perbedaan, hubungan antar konsep);

Nilai “5”: Evaluating (Mampu mengevaluasi kelebihan, kekuarangan, dan memilih metode tepat untuk berbagai kasus);

Nilai “6”: Creating (Mampu menciptakan atau membangun konsep baru).

 

Penguasaan Ketrampilan:

Nilai “1”: Imitation (Meniru);

Nilai “2”: Manipulation (Secara umum melakukan dengan Benar);

Nilai “3”: Precision (Melakukan dengan Benar dan Teliti);

Nilai “4”: Articulation (Menggabungkan beberapa ketrampilan gerakan);

Nilai “5”: Naturalization (Gerakan dan response sudah natural dan benar).


E. USULAN KERJA-SAMA LAIN

Guna lebih memperjelas dan mempertegas positioning dan mempromosikan disiplin ilmu Sistem Informasi di Indonesia, Forum Pimpinan Prodi Sistem Informasi se-Indonesia juga merencanakan kerja-sama:

  • KOMPETISI Sistem Informasi antar Prodi SI tahunan dikoordinasi AISINDO dan Forum Pimpinan Prodi SI
  • Kerja-sama Real Problem Case dari dunia industri dan pemerintah, misalnya: data real permasalahan perusahaan, data analytics, audit SI, dan lain-lain. Permasalahan nyata industri dan pemerintahan ini dapat juga obyek dari Kompetisi SI antar prodi SI seluruh Indonesia atau menjadi sebuah dokumentasi pengetahuan (White Paper).

 

F. TINDAK LANJUT DAN PENUTUP

Sebagai tindak lanjut dari berbagai keputusan Pertemuan pertama Forum Pimpinan Prodi SI ini, adalah:

3 Juli – 30 November 2018: Masing-masing Prodi SI mulai mengumpulkan data-data Pengetahuan dan Ketrampilan untuk masing-masing Peran Domain Dominan SI (System Analyst, Business Analyst, Auditor Sistem Informasi, Manajer Proyek SI, dan ERP Analyst) dalam bentuk mengundang praktisi/profesional di peran tersebut sebagai Dosen Tamu, mengunjungi industri/perusahaan/pemda, survey alumni, atau survey ke kalangan praktisi.  Kegiatan pengumpulan data ini terbuka untuk Prodi-Prodi SI, baik yang telah menandatangani dokumen Gentle Agreement maupun yang belum menandatangani, demi kemajuan dan perkembangan disiplin ilmu Sistem Informasi di Indonesia.

10 Oktober 2018: Masing-masing Prodi SI yang telah mengumpulkan data mengirimkannya ke AISINDO via email service@aisindo.org untuk di analisis Tahap I.

17 – 20 Oktober 2018: Pertemuan Prodi SI di Munas APTIKOM di Palembang.

1 – 2 Desember 2018: Pertemuan Prodi SI dan CIO Forum di Annual Meeting AISINDO di Jakarta/Bali.

———————————————————————————————————————–

FORUM PIMPINAN PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

SE-INDONESIA

  • Untuk Ketua Prodi/Departemen/Jurusan/Fakultas “Sistem Informasi” (D3, D4, S1, S2, S3) Gabung di WA Group “Forum Pimpinan Prodi SI” (silahkan hubungi 08123037371 untuk bergabung)
  • Untuk info dan layanan:

Akses                   : www.aisindo.org

Email                   : service@aisindo.org

Telp./SMS/WA    : 08123037371

 

File dapat diunduh di Repository Referensi SI: http://intip.in/referenSI/

Photo-photo acara Pertemuan Pimpinan Prodi SI se-Indonesia dpt diakses di:

https://drive.google.com/folderview?id=1fUYnZsDOcVVWZ5qdEMVw6rvGAzXuaN0X

https://drive.google.com/folderview?id=1RnMOpCTur9K_PZr0Ngj4hEAVbAid7ceJ