Perkembangan Virtual Reality yang akan Mengubah Dunia

Pernahkah teman-teman membayangkan ketika sedang bermain game ingin menjelajah dunia fantasi secara nyata? Dengan adanya Virtual Reality teman-teman bisa masuk ke dunia maya secara nyata.

Apa sih Virtual Reality itu?

Virtual Reality, yang biasa disingkat VR merupakan teknologi yang lagi HITS di tahun 2016. Virtual Reality adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di lingkungan tersebut.

Source : http://elearningindustry.com

Source : http://elearningindustry.com

Dengan Virtual Reality, pengguna akan mempunyai pengalaman dengan merasakan sensasi dunia nyata dalam dunia maya. Bahkan perkembangan teknologi virtual reality saat ini memungkinkan tidak hanya indra penglihatan dan pendengaran saja yang bisa merasakan sensasi nyata dari dunia maya dari virtual reality.

Penasaran apa saja Virtual Reality yang sudah ada dan akan release pada tahun ini? Lets check it out.

Ocolus Rift

Teknologi ini pertama kali keluar ke publik melalui demo dari Oculus Rift di kickstarter pada tahun 2012. Oculus Rift ini merupakan alat temuan dari Palmer Luckey berkolaborasi dengan John Carmack yang berhasil menuai kesuksesan besar melalui kampanye di kickstarter. Dari situs crowdfunding tersebut, Oculus Rift berhasil menuai kesuksesan dengan mendapatkan US$ 2.5 juta untuk proses pengembangan. Prototype terbaru dari Oculus Rift adalah DK 2. Oculus Rift ini menyajikan fitur baik gaming maupun non gaming. Fitur non gaming tersebut adalah meliputi Oculus Cinema, Oculus Media Social, promosi dan visualisasi di dunia industri.

Source: gizmodo.co.uk

Source: gizmodo.co.uk

Magic Leap

Magic Leap berhasil ditemukan oleh Rony Abovitz pada tahun 2010. Perusahaan ini bekerja dengan diam-diam sampai pada tahun 2014 lalu. Setelah mereka mengemukakan sedang melakukan proyek mengenai augmented reality dan computer vision, banyak perusahaan top seperti Google, Qualcomm, Andreessen Horowitz dan Kleiner Perkins memberikan dana kepada proyek ini hingga terkumpul US$ 540 juta untuk pengembangan alat ini. Dengan dana yang sebesar itu rasanya kita sudah tidak sabar menunggu rilisnya alat ini. Alat ini dilengkapi dengan 3D komputer yang dapat memancarkan light field ke mata penggunanya sehingga gambar 3D yang ditampilkan akan terasa sangat nyata. Untuk menghasilkan light field tersebut digunakan chip khusus yang bernama silicon photonics.

Fove Eye Tracking

FOVE ini baru akan muncul di launching tahun 2016. Alat ini memiliki design yang sangat keren. Kelebihan dari alat ini berada pada headset dan eye tracking-nya. Fitur eye tracking ini membuat kita bisa mengarahkan, atau mengincar suatu benda yang ada dalam dunia virtual hanya dengan lirikan mata kita. VR yang satu ini didesain dengan material yang dapat menyesuaikan bentuk kepala yang berbeda-beda sehingga akan lebih nyaman. FOVE telah mulai melakukan kampanyenya di kickstarter pada tahun 2015 dan telah mendapatkan 1.480 backers dengan total dana $US 480.650.

Source : http://www.penggagas.com

Source : http://www.penggagas.com

Microsoft Hololens

Microsoft Hololens merupakan bagian dari Windows Holographic. Microsoft Hololens merupakan kacamata super keren yang dilengkapi dengan headset tanpa kabel, dan berisi komputer dengan windows 10. Design dari alat ini sungguh elegan. Alat ini berisi sensor yang canggih, menggunakan high-definition stereoscopic 3D optical head-mounted display, dan spatial sound yang membuatnya bisa menampung reality aplications dengan natural user interface yang dapat berinteraksi melalui gerakan mata, suara, dan gestur tangan. Hololens ini ternyata sudah lama dikembangkan, cuma pada awalnya cukup dirahasiakan yaitu pada tahun 2007 dengan codename “Project Baraboo”. Dengan semua fitur kerennya, alat ini diperkirakan akan memiliki harga jauh lebih mahal dari video game console.

Google Cardboard

Inilah VR yang paling murah diantara pesaingnya. VR yang satu ini sangat-sangat unik. Google Cardboard ini terbuat dari kardus. Iya anda gak salah baca, beneran dari kardus. Bentuk alat ini hanya berbentuk kardus dan nantinya akan digabungkan dengan smartphone kita. Disini mereka hanya mengembangkan aplikasi yang menunjang alat ini. Alat ini dibuat oleh peneliti google bernama David Coz dan Damien Henry. Inilah alat yang bisa kita dapatkan secara gratis, tinggal download templatenya dan kita bisa membuatnya sendiri. (HWN/GFP)

Source : http://www.penggagas.com

Source : http://www.penggagas.com

 

Sumber : http://www.penggagas.com/7-alat-virtual-reality-yang-akan-mengubah-dunia/