Sudah Aman kah Media Sosial Anda?

Sumber: http://blog.escanav.com/

Sumber: http://blog.escanav.com/

Perkembangan media sosial sudah tidak dapat kita pisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari yang bersifat umum, seperti Facebook dan Twitter, hingga ke media sosial yang bersifat khusus, seperti Linkedln dan Pinterest. Dengan beragamnya media sosial yang ada, membuat pengguna dapat bersosialisasi dengan mudah dan nyaman.

Namun apakah dengan kenyamanan tersebut kita sudah memikirkan tentang keamanan ketika kita bersosialiasi? Ya, suatu hal yang mungkin kita sudah dengar berkali-kali bahkan mungkin tiap hari hampir kita lihat. Seperti contohnya “Gantilah password media sosial Anda secara berkala” atau “Gunakan kombinasi password yang unik”.

Tapi tahukah anda bahwa seorang Mark Zuckerberg, sang pendiri Facebook, baru saja mengalami “kecolongan” akun media sosial yang dia miliki.

Sekelompok hacker yang bernama OurMine melaporkan bahwa mereka telah berhasil mengambil alih akun Twitter, Instagram dan Pinterest sang miliarder pada hari Minggu menurut Tweet dari kelompok tersebut melalui akun Zuckerberg, yang jarang digunakan oleh sang pendiri Facebook.Cukup menarik memang, seorang pendiri Facebook yang seharusnya mengerti tentang seberapa pentingnya tentang keamanan akunnya justru mendapati akunnya ikut ter-hack. Walaupun memang kesalahan belum tentu sepenuhnya dari Mark Zuckerberg, mungkin terdapat celah keamanan yang belum diketahui oleh pihak yang berwenang.

Mungkin ada berberapa dari kita yang berpikir bahwa akun kita tidak terlalu penting untuk di-hack, tapi benarkah itu? TechCrunch melaporkan bahwa, 32 juta akun Twitter mungkin telah di-hack. Dimana 32.888.300 akun tersebut berisi alamat email, username dan password yang dijual di underground deep web forum.

Hal ini membuktikan bahwa siapa saja rentan terhadap hal keamanan ini, Jika anda merasa bahwa anda tidak pernah di-hack, bukan berarti bahwa akun anda sudah aman dan tidak akan mungkin ter-hack. Alangkah baiknya kita coba perhatikan keamanan akun media sosial kita, dan seperti kata pepatah, mencegah lebih baik dari mengobati. (FKN/GFP)

 

Sumber :

http://www.techworm.net/2016/06/twitter-hacked-hacker-selling-32-million-twitter-passwords-dark-web.html

http://www.businessinsider.co.id/mark-zuckerberg-twitter-pinterest-accounts-hacked-linkedin-hack-facebook-passwords-2016-6/?r=UK&IR=T#.V1kyTOS2V1A

http://www.nbcnews.com/tech/tech-news/zuckerberg-s-social-media-accounts-hacked-password-revealed-dadada-n586286